Pengertian
Manajemen Menurut Para Ahli
1. Menurut Horold Koontz dan Cyril
O'donnel :
Manajemen adalah usaha untuk
mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
2. Menurut R. Terry :
Manajemen merupakan suatu proses
khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai
sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan
sumberdaya lainnya.
3. Menurut Lawrence A. Appley :
Manajemen adalah seni pencapaian
tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
4. Menurut Drs. Oey Liang Lee :
Manajemen adalah seni dan ilmu
perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada
sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5. Menurut James A.F. Stoner :
Manajemen adalah suatu proses
perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari
anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi
untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
6. Menurut Mary Parker Follet :
Manajemen adalah suatu seni, karena
untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan
khusus.
7. Menurut Hilman :
Manajemen adalah fungsi untuk
mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu
untuk mencapai tujuan yang sama.
8. Menurut Encylopedia of the Social
Sience :
Manajemen adalah suatu proses dengan
mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
9. Menurut G.R. Terry :
Manajemen adalah suatu proses atau
kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok
orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang nyata.
10. Menurut Ricky W. Griffin :
Manajemen sebagai sebuah proses
perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya
untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti
bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti
bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan
jadwal.
11. Menurut Henry Fayol :
Manajemen mengandung gagasan lima
fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan
mengendalikan.
12. Menurut Chaster I Bernard :
Manajemen yaitu seni dan ilmu,
13. Menurut Federick Winslow Taylor
:
Manajemen adalah Suatu percobaan
yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam
pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama manusia
dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat
perumusan.
14. Lyndak
F. Urwick :
Manajemen adalah Forecasting
(meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran), Commanding
(memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling
(pengontrolan).
15. Menurut Prof. Eiji Ogawa :
Manajemen adalah Perencanaan,
Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan
barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah
menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan
kondisi lingkungan yang berubah.
16. Menurut Dr. Ahuja :
Manajemen adalah pihak yang
menawarkan jasa untuk segi bidang yang berhubungan dengan bidang manajemen.
17. Menurut Renville Siagian :
Manajemen adalah suatu bidang usaha
yang bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli
tyerlatih serta berpengalaman.
18. Menurut Dr. Bennett N.B
Silalahi, M.A :
Manajemen adalah suatu ilmu perilaku
yang mencakup aspek sosial eksak tidak dari tanggungjawab keselamatan dan
kesehatan kerja baik dari segi perencanaan.
19. Menurut William H. Newman :
Manajemen adalah fungsi yang
berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.
20. Menurut Drs. Oey :
Manajemen adalah perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan.
21. Daft (2003:4) sebagai berikut:
“Management is the attainment of
organizational goals in an effective and efficient manner through planning
organizing leading and controlling organizational resources”. Pendapat
tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan
organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian
pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi.
22. Plunket dkk.(2005:5)
mendefinisikan manajemen sebagai :
“One or more managers individually
and collectively setting and achieving goals by exercising related functions
(planning organizing staffing leading and controlling) and coordinating various
resources (information materials money and people)”. Pendapat tersebut kurang
lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan satu atau lbh manajer yg secara
individu maupun bersama-sama menyusun dan mencapai tujuan organisasi dgn
melakukan fungsi-fungsi terkait (perencanaan pengorgnisasian penyusunan staf
pengarahan dan pengawasan) dan mengkoordinasi berbagai sumber daya (informasi material
uang dan orang).
23. Lewis dkk.(2004:5)
mendefinisikan manajemen sebagai:
“the process of administering and
coordinating resources effectively and efficiently in an effort to achieve the
goals of the organization.” Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa
manajemen merupakan proses mengelola dan mengkoordinasi sumber daya-sumber daya
secara efektif dan efisien sebagai usaha utk mencapai tujuan organisasi.
24. Menurut Drs. M. Manullang
(2001:3) :
Istilah manajemen mengandung 3
(tiga) pengertian, sbb.:
- Manajemen sebagai suatu proses
- Manajemen sebagai suatu kolektivitas orang-orang yang melaksanakan manajemen
- Manajemen sebagai suatu seni (art) dan sebagai suatu iilmu
25.
Menurut Dr. SP. SIAGIAN dalam buku :
“FILSAFAT ADMINISTRASI” MANAGEMENT DAPAT
DIDEFINISIKAN SEBAGAI “KEMAMPUAN ATAU KETERAMPILAN UNTUK MEMPEROLEH SUATU HASIL
DALAM RANGKA PENCAPAIAN TUJUAN MELALUI ORANG LAIN”. DENGAN DEMIKIAN DAPAT PULA
DIKATAKAN BAHWA MANAGEMENT MERUPAKAN INTI DARIPADA ADMINISTRASI KARENA MEMANG
MANAGEMENT MERUPAKAN ALAT PELAKSANA UTAMA DARIPADA ADMINSITRASI”
26. Menurut Prof. Dr. H. ARIFIN
ABDULRACHMAN dalam buku
“KERANGKA POKOK-POKOK MANAGEMENT”
DAPAT DIARTIKAN : a. KEGIATAN-KEGIATAN/AKTIVITAS-AKTIVITAS; b. PROSES, YAKNI
KEGIATAN DALAM RENTETAN URUTAN- URUTAN; c. INSITUT/ ORANG – ORANG YANG
MELAKUKAN KEGIATAN ATAU PROSES KEGIATAN.
27. Menurut ORDWAY TEAD yang disadur oleh DRS. HE. ROSYIDI
dalam buku
“ORGANISASI DAN MANAGEMENT“,
definisi Manajemen adalah “PROSES DAN KEGIATAN PELAKSANAAN USAHA MEMIMPIN DAN
MENUNJUKAN ARAH PENYELENGGARAAN TUGAS SUATU ORGANISASI DI DALAM MEWUJUDKAN
TUJUAN YANG TELAH DITETAPKAN “.
28. Hilman mengatakan bahwa :
manajemen adalah fungsi untuk mencapai
sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk
mencapai tujuan yang sama. Menurut pengertian yang kedua, manajemen
adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Jadi dengan
kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu
badan tertentu disebut manajemen. Menurut pengertian yang ketiga,
manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu pnegetahuan. Mengenai inipun sesungguhnya
belum ada keseragaman pendapat, segolongan mengatakan bahwa manajemen adalah
seni dan segolongan yang lain mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu.
Sesungguhnya kedua pendapat itu sama mengandung kebenarannya.
Jadi, menurut saya manajemen ialah
proses suatu usaha untuk memimpin, mengendalikan, mengawasi dan mengembangkan
organisasi untuk mencapai hasil dan tujuan bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar